Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

TIPS MEMPERBAIKI LCD DEAD PIXEL PADA LAPTOP KAMU

TIPS MEMPERBAIKI LCD DEAD PIXEL PADA LAPTOP KAMU

Saat ini pemakaian laptop dalam kehidupan sehari-hari sudah bukan hal yang asing lagi. Walaupun kini ponsel pintar atau smartphone sudah mampu melakukan banyak hal sehubungan dengan data digital, namun nyatanya laptop tetap masih sangat dibutuhkan untuk banyak hal, seperti mengerjakan tugas skripsi misalnya, yang tidak bisa dikerjakan di sebuah ponsel. Komputer dan Laptop merupakan sebuah mesin yang tentunya membutuhkan perawatan agar terhindar dari kerusakan serta tetap bisa berjalan dengan baik. Namun, meski kita sudah merawatnya dengan baik, ada saja laptop mengalami kerusakan yang tentunya akan sangat mengganggu aktivitas kerja maupun kuliah kita. Salah satu masalah yang cukup mengganggu adalah ketika kondisi Layar LCD Laptop atau monitor kita terjadi kerusakan pixel.

Nah urgent.id kali ini akan membahas tips memperbaiki layar monitor dead pixel. Pasti kamu pernah mengalami atau melihat pada sebuah layer laptop temen atau kamu sendiri terdapat dead pixel atau bisa disebut titik hitam pada layar atau titik terang pada layar. Hal ini bisa mengganggu aktifitas bekerja kamu di depan monitor. Kecacatan pixel ini memang umumnya terjadi pada layar LCD, dead pixel terlihat sebagai sebuah titik terang pada layar yang memancarkan warna yang tidak sesuai. Stuck pixel mudah terlihat di layar monitor gelap atau hitam di mana ia akan tampak merah, hijau, biru, atau kombinasi dari tiga warna. Pada umumnya penyebab layar monitor dead pixel biasanya dikarenakan rusaknya transistor atau distribusi cairan yang tidak merata ke dalam kristal cair display (TFT LCD). Namun jangan khawatir, hal ini sering bisa diperbaiki dengan mudah.

Yuk langsung simak cara berikut dibawah ini :

Menggunakan cara manual

  1. Coba kamu hidupkan layer laptop (Turn On), lalu gunakan background layar hitam sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan posisi dead pixel.
  2. Pakai kain lembab dan lipatlah kain lembab tadi di jari telunjuk kamu agar tidak menggores layar secara luas.
  3. Ketika sudah menemukan posisi dead pixel, lakukan tekanan halus (memijat pelan) pada daerah dead pixel sekitar 10-20 detik. Kemudian matikan layar monitor (Turn Off) dan hidupkan (Turn On) lagi.
  4. Lakukan berulang-ulang langkah ke-3 sampai benar-benar dead Pixel hilang (Terkadang dead pixel mungkin hilang sebentar, dan kemudian muncul lagi)

Menggunakan Software

Kerusakan pada panel screen LCD yang di tandai dengan garis lurus berwarna hitam/ putih halus dan tidak bergerak; disebabkan oleh adanya dead pixel. Dead pixel bisa terjadi karena memang adanya cacat bawaan pada panel screen sejak komputer dibeli, atau bisa juga karena kesalahan lain seperti misalnya tekanan pada layar yang terlalu keras.

Pixel Repairel merupakan sebuah software pendeteksi dead pixel bagi pengguna Windows. Selain mendeteksi adanya dead pixel, software in juga bisa membantu anda untuk memperbaikinya, sehingga anda tidak perlu repot – repot membongkar layar.

Cara mengetes dead pixel menggunakan Pixel Repairer:

  1. Download, Install, lalu jalankan software Pixel Repairer di laptop anda.
  2. setelah kotak dialog Pixel Repairer muncul, pilih Patern yang anda inginkan. Saya lebih merekomendasikan hitam atau putih.
  3. Klik Enable untuk menaplikasiakn warna yang anda pilih pada layar.
  4. Perhatikan layar, jika anda memilik patern hitam, dan anda lihat seluruh layar berwarna hitam, maka itu berarti layar laptop anda dalam keadaan baik. Namun jika anda menemukan adanya titik putih (atau warna lain) pada layar, maka itu berarti memang terdapat dead pixel pada layar anda.
  5. Klik Esc untuk keluar.

Cara memperbaiki dead pixel menggunakan Pixel Repairer:

  1. Jalankan Program Pixel Repairer di laptop anda
  2. Pilih/ klik ikon Repair
  3. Klik Add untuk menambahkan dan mensetting area perbaikan.
  4. Drag kotak repairer ke lokasi dimana dead pixel ditemukan.
  5. Gunakan salah satu mode konfigurasi repairer, misalnya solid. Jika ternyata tidak berhasil, gunakan mode noise.
  6. Untuk size, pilih ukuran yang mencakup area dead pixel berada.
  7. Untuk frekuensi, bila tidak dirubah biasanya 60 Hz
  8. Klik Add kembali untuk menambahkan area repairer lainnya, jika anda menemukan lebih dari satu dead pixel pada laptop anda. Lalu lakukan hal yang sama seperti poin no 4 – 7 diatas.
  9. Sofware akan menjalankan perbaikan, tunggu beberapa saat.

Program Pixel Repairer berukuran ringan, jadi tidak akan membebani kinerja laptop anda terlalu berat. Selain itu, anda masih bisa menjalankan program lain selama menjalankan program pixel repairer. Jadi anda bisa memperbaiki laptop anda sambil mengerjakan hal yang lain. Selain untuk memperbaiki dead pixel pada laptop, Pixel Repairer juga bisa anda gunakan untuk LCD pada PC atau layar monitor lainnya.

software bisa didownload di sini.

Sekian tips urgent.id semoga membantu, apabila kalian ragu untuk memperbaiki sendiri, yuk silakan kunjungi aja ke kantor kami di sini.

sumber :

http://www.urgent.id/service/laptop/9-lcd.php

http://warungkopi.okezone.com/thread/533327/tips-cara-mudah-memperbaiki-layar-lcd-laptop-bergaris-rusak

http://www.bungfrangki.com/2016/01/cara-memperbaiki-layar-lcd-monitor-bergaris.html

https://dosenit.com/hardware/monitor/cara-memperbaiki-layar-laptop-bergaris

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 10 Oktober 17 - 10:59 WIB
Dalam Kategori : PERBAIKAN LAPTOP, LCD RUSAK, DEAD PIXEL
Dibaca sebanyak : 183 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback