Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

SUMBER DAN PENYEBAB KIPAS LAPTOP BISING

SUMBER DAN PENYEBAB KIPAS LAPTOP BISING
Di era yang serba digital saat ini, barang elektronik terutama laptop sudah menjadi kebutuhan, apalagi mahasiswa dan pekerja kantoran laptop sudah menjadi teman sehari-hari. Namun terkadang masih ada beberapa pengguna laptop yang hanya membersihkan bagian luar laptop saja, namun kurang dan enggan memperhatikan kebersihan daleman laptopnya, sehingga terkadang berakibat pada penumpukan debu, ditambah dengan penggunaan laptop yang terlalu lama serta menjalankan aplikasi yang terlalu berat, maka saat itu juga tiba-tiba dibagian kipas laptop berbunyi sangat keras. Hal ini tentunya akan menjadi pemicu terjadi overheat pada laptop.
Selain itu suara kipas laptop berisik bisa mengganggu konsentrasi dan kenyamanan Anda baik konsentrasi untuk bekerja, bersantai, mendengarkan musik, menyaksikan video, atau lainnya. Hal ini apabila tidak segera diatasi akan menimbukan resiko yang lebih besar. Dalam waktu tertentu, akan menyebabkan kerusakan pada VGA, Prosesor bahkan motherboard, karena biasanya kipas laptop yang berbunyi nyaring berbarengan dengan temperature motherboard yang juga cukup tinggi (terlalu panas).
Lalu apa saja sumber nya dan bagaiman cara mengatasinya?
Berikut urgent.id akan membagikan sedikit tips dan trik mengatasi kipas laptop yang berbunyi keras atau bising.
1. Prosesor Harus Bekerja Ekstra
Prosesor bisa menjadi salah satu penyebab kipas laptop berisik atau bising. Ini terjadi saat suhu prosesor meningkat. Umumnya ini akibat beban laptop yang tinggi. Apalagi saat bebannya sangat berat melebihi kapasitasnya. Misalnya, Anda sedang bermain game kategori berat atau melakukan fungsi multimedia. Dengan beban kerja yang sangat berat atau ekstra, laptop menjadi panas. Akibatnya, kipas bersuara berisik atau bising yang mengganggu Anda atau siapa pun di sekitarnya. Putaran baling-baling kipas (fan) pun berjalan lebih kencang. Inilah salah satu penyebab suara berisik atau bising dari laptop dan sejenisnya.
Bagaimana cara mengatasinya?
Ya, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk itu atau menggunakan software khusus. Tetapi, Anda sebaiknya menggunakan aplikasi atau software pendingin laptop seperlunya saja.
2. Kipas Harus Dibersihkan Rutin
Kipas kotor juga bisa menjadi penyebab suara berisik/bising. Karena itu, laptop harus sering dibersihkan dari kotoran, terutama kotoran debu. Misalnya, Anda perlu membersihkan kipas laptop satu minggu (pekan) sekali, dua minggu sekali, dsb. Debu yang menumpuk juga bisa mengganggu sirkulasi udara dalam laptop. Apalagi, debu yang menempel telah menutup lubang-lubang laptop. Sirkulasi udara pun sulit terjadi. Bahkan, debu juga bisa menempel di kipas yang membuat bebannya bertambah. Perputaran kipas mengeluarkan suara berisik juga bisa mengganggu ketenangan Anda.
3. Kipas Memasuki Usia Lansia
Kipas mengalami gangguan karena ada kerusakan. Atau karena Anda tidak mengembalikan laptop secara sempurna setelah Anda melakukan sesuatu. Ya, usia laptop juga harus dipertimbangkan. Artinya, laptop, termasuk kipasnya, harus selalu dicek sebelum mengalami gangguan.
Mengapa?
Ya, karena laptop sudah tua usia dan waktunya untuk diganti dengan laptop baru dan lebih berkualitas. Atau, Anda sekadar mengganti kipasnya dengan sparepart yang baru.
Lakukan Perawatan Laptop secara Rutin
Demikianlah Cara untuk Mengatasi Kipas Laptop Berisik. Siapa pun akan merasa teganggu dengan suara kipas laptop berisik. Tetapi, jika ternyata Anda tidak bisa merawat sendiri, khususnya untuk membersihkan kipas pada laptop Anda karena harus membongkar laptop, Anda bisa membawanya ke toko penjual yang memberikan layanan perbaikan dan perawatan, salah satu jasa service laptop recomended kunjungi aja URGENT.ID (http://www.urgent.id/). Layanan ini menggunakan aplikasi mobile jadi selain mempermudah order juga dapat memangkas waktu pelanggan tanpa harus keluar rumah.
Tentu saja, yang terbaik adalah melakukan perawatan rutin. Perawatan dini akan mencegah munculnya gangguan atau kerusakan seperti munculnya kipas laptop berisik. Ya, perawatan sangat penting untuk Anda lakukan secara rutin. Tujuannya supaya laptop selalu bekerja secara optimal dan mampu bertahan lama (awet). emoticon-Toast
Sumber :
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 28 September 17 - 13:21 WIB
Dalam Kategori : KIPAS LAPTOP, HEATSING, LAPTOP RUSAK
Dibaca sebanyak : 198 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback