Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

MAU NAMBAH RAM LAPTOP PERHATIKAN 5 HAL INI SEBELUM BELI, YUK SIMAK!

MAU NAMBAH RAM LAPTOP PERHATIKAN 5 HAL INI SEBELUM BELI, YUK SIMAK!

Peran RAM sangatlah penting bagi laptop maupun komputer. Dengan semakin banyaknya aplikasi dan game yang membutuhkan resource tinggi, makan semakin besar RAM akan semakin kencang lah performanya. Berbeda dengan smartphone, RAM pada laptop bisa ditambah sesuka hati jika dibutuhkan. Tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menambah RAM pada laptop milikmu agar performanya kencang dan kamu tidak menyesal.

Nah berikut URGENT.ID akan share tips sebelum mengupgrade laptop kamu, yuk simak!

Perhatikan Hal Ini Sebelum Tambah RAM Laptop

Dengan menambah RAM di laptop, maka kinerja laptop kamu dalam main game atau multitasking akan semakin baik dan cepat. Tapi sebelum menambah RAM, coba perhatikan dulu hal-hal berikut :

  1. Pastikan Kebutuhan Kamu

Jangan hanya karena ingin laptop dengan RAM besar, lantas kamu buru-buru menambah RAM. Sebenarnya kamu butuh atau nggak, dan butuh RAM berapa besar? Pastikan dulu dengan seksama.

Jika laptop kamu hanya dibekali dengan RAM 4GB, dan ingin main game Overwatch maka disarankan menambah RAM 4GB lagi. Jadi total 8GB. Tapi jika dirasa hanya butuh tambahan RAM agar bisa menjalankan Photoshop tanpa hambatan saat multitasking, menambah RAM 2GB pun akan cukup.

  1. Perhatikan Mainboard Laptop Kamu

Ini nih yang penting dan sering terlupakan saat akan menambah RAM laptop. Perlu diingat, setiap mainboard laptop memiliki arsitektur khusus yang mengatur kapasitas maksimal memori dan jenis memori.

Nah, jika laptop kamu hanya bisa menampung memori maksimal 8GB, dan kamu menambahkan RAM baru yang berkapasitas 8GB tentu akan jadi percuma. Dan lagi ingat bahwa jenis RAM untuk laptop itu biasanya SO-DIMM, jadi jangan beli RAM tipe DIMM yang biasa dipakai PC. Serta apakah RAM yang digunakan ini jenis DDR atau LDDR.

  1. Sistem Operasi Laptop

Baik Linux ataupun Windows, kedua sistem operasi ini memiliki batasan arsitektur dalam membaca memori. Misal Windows 10 Home Edition 32 bit hanya mampu membaca RAM maksimal 4GB, sementara versi 64 bit bisa membaca hingga 128GB. Jika kamu menambahkan RAM lebih dari kapasitas yang mampu dibaca maka akan percuma, karena yang dibaca cuma batas maksimalnya saja.

  1. Slot RAM

Jangan hanya karena mengejar performa cepat dan harga RAM yang murah akmu lupa melihat slot RAM di laptop kamu. Sebelum membeli dan menambah RAM laptop, pastikan berapa jumlah slot RAM di laptop kamu.

  1. Garansi Laptop

Pada laptop baru, biasanya produsen memberikan pelindung khusus pada setiap bautnya. Tujuannya untuk memastikan bahwa laptop belum pernah dibongkar jika suatu saat klaim garansi. Nah, saat kamu menambah RAM sendiri, maka harus membongkar laptop. Dan ini akan membuat garansi kamu hangus lho! Siap?

Jika kelima hal di atas sudah kamu pastikan, dan merasa siap untuk menambah RAM baru deh beli RAM-nya. Jadi semuanya sudah siap dengan pertimbangan yang matang. Lagi nyari ram coba aja ke URGENT.ID kami menyediakan berbagai macam ram berbagai merek dan kapasitas, yuk kepoin DISINI!

Semoga bermanfaat.

sumber :

http://www.urgent.id/service/laptop/4-lambat-tambah-ram.php

https://jalantikus.com/gadgets/tips-sebelum-tambah-ram/

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 16 November 17 - 14:33 WIB
Dalam Kategori : MEMORI, RAM, LAPTOP
Dibaca sebanyak : 68 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback