Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

Manajemen SDM : Sekilas Tentang Interview

Manajemen SDM : Sekilas Tentang Interview
Interview disini tidak hanya sekedar melempar pertanyaan kepada kandidat interviewe tapi bagaimana bisa menggali dan mengenali kandidat potensial yang cocok untuk posisi yang sedang dibutuhkan oleh sebuah organisasi /perusahaan agar sesuai dengan visi misi serta tujuan sistemnya. Karena apabila kita salah menilai dan merekrut orang dampaknya akan cukup lumayan berpengaruh terhadap keberlangsungan kinerja perusahaan. Oke tidak banyak basa-basi langsung ke inti pembahasan!

Definisi Interview

Pembicaraan yang diprakarsai ole
h satu orang atau lebih untuk mengumpulkan informasi dan mengevaluasi kwalifikasi dari pelamar untuk suatu pekerjaan. Situasi dimana pekerja yang potensial diberi pertanyaan tentang pekerjaan mereka, pengalaman pribadi, skill dan jenjang karir yang telah atau akan mereka alami. Interview juga digunakan untuk meminta informasi tambahan dan mengklarifikasi dari pelamar kerja tentang informasi yang ada di resume mereka. Interview juga diperankan sebagai sebuah simulasi dari suatu situasi yang biasa mereka lakukan atau apa yang akan mereka lakukan dalam sebuah situasi, baik itu yang berhubungan dengan atasan, rekan kerja, bawahan atau customer lainnya.
 
Dari definisi diatas maka bisa bisa diambil kesimpulan bahwa interview tidak hanya sekedar tanya jawab yang menggali tentang potensi yang ada, tapi memiliki fungsi guna lain yang sangat banyak.
 

Goal’s Of Interview

Secara garis besar interview memiliki target global dalam setiap pelaksanaannya, adapun goalnya antara lain :

  1. Untuk mengetahui kepribadian dari pelamar kerja
  2. Untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam yang tidak tertulis dalam resume calon karyawan
  3. Untuk mendapatkan gambaran dari skill dan ability dari kandidat karyawan
  4. Untuk mencocokkan kualifikasi dari pelamar kerja dengan kualifikasi perkerjaan dan fungsi jabatan yang dilamarnya.

Jadi jika ke empat target dari interview tersebut sudah bisa tercapai, maka sudah dirasa bagus. Namun jika belum maka harus sebisa mungkin untuk mencapai keempat goal tersebut. Atau secara globalnya begini :

“interview kerja bertujuan untuk menemukan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan, fungsi kerja, visi, misi dan tujuan organisasi”

Teknik2 dalam interview

Bagaimana kita bisa mencapai goal’s /target interview tersebut, tentu ada caranya masing2. Ada beberapa teknik/metode dalam suatu interview untuk mencapai tujuan tersebut. Adapun tekniknya sebagai berikut :

  1. Behavioral Interview atau yang biasa disebut Behavior Event Interview, teknik ini merupakan teknik dasar dalam ilmu per-interview-an. Teknik ini bertujuan untuk memotret perilaku yang dimiliki oleh kandidat tersebut dan memprediksikan kecocokan prilaku tersebut dengan tugas dan jabatan yang dilamar serta kemungkinan kesuksesan yang akan didapatkan seseorang kandidat dengan perilaku tersebut.
  2. Stress interview, teknik ini cukup unik dan mungkin jarang dilakukan oleh interviwer. Teknik ini dilakukan untuk mengintimidasi kandidat dimana tujuannya adalah melihat sejauh mana kemampuan kandidat dalam mengelola stress atau bagaiman sikap dia jika didalam kondisi tekanan. Interview ini biasanya tidak dilakukan oleh sembarang jabatan, Cuma untuk jabatan2 tertentu yang membutuhkan sikap mental yang kuat dalam mengelola perkerjaannya.
  3. Competency Based Interview, teknik ini mulai ngetrend dilakukan dibanyak perusahaan. Interview ini didasarkan atas konsesnsus kompetensi yang telah disepakati dalam sebuah perusahaan untuk jabatan tersebut. Panduan interview ini didasarkan pada kompetensi yang sudah ada dan lebih terstruktur dan terarah. Teknik interview ini hanya bisa dilakukan jika suatu perusahaan sudah memiliki kamus kompetensi. Jika perusahaan belum memiliki hal tersebut, maka akan susah dalam melakukan pengukurannya.
  4. Technical Interview, Teknik ini lebih fokus pada menggali kemampuan kandidat dalam aspek problem solving dan creativitas. Interview ini diharapkan mampu untuk mengungkap kemampuan kreativitas yang dimiliki oleh seorang kandidat.

Masing2 teknik ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing2. Untuk lebih detail dari masing2 teknik tersebut akan dijelaskan pada tulisan selanjutnya.

Yang Bisa Diukur dalam Interview

  1. Intelectual, Aspek yang dapat diukur antara lain. Logika berfikir, Kemampuan berfikir praktis, kemampuan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, dan kemampuan untuk belajar hal2 baru.
  2. Work Attitude, Aspek yang diukur antara lain. Energy yang dimiliki, kecepatan kerja, dan resiliency (kemampuan seseorang untuk mengelola pekerjaannya dalam kondisi stress).
  3. Personality, Aspek yang diukur Antara lain. Kestabilan Emosi (kemampuan mengelola/mengontrol emosi dalam kondisi yang sangat menekan/stressfull, kemampuan untuk melakukan sesuatu secara proporsional dan akurat), Kemampuan untuk meilai sesuatu (kemampuan menilai efektivitas diri dan lingkungan sekitar, kemampuan untuk berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain).

Interview memang sepertinya mudah untuk dilakukan oleh semua orang, namun banyak orang yang tidak paham dari tujuan dan target dari interview itu sendiri. Jika kita memiliki kemampuan interview yang handal, maka proses yang lain hanya akan menjadi data pendukung. Namun jika tidak, maka proses interview hanya menjadi angin lalu saja.

Semoga bermanfaat:-bd...

https://energi.uk.com/interview-questions-building-services-candidates/
https://hracademyindonesia.wordpress.com/
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 19 Juli 17 - 16:50 WIB
Dalam Kategori : INTERVIEW
Dibaca sebanyak : 387 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback