Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

Kesel Laptop Kamu Sering Crash? Ini Dia Penyebabnya

Kesel Laptop Kamu Sering Crash? Ini Dia Penyebabnya

Laptop maupun komputer saat ini menjadi bagian dari kebutuhan kita, baik hanya untuk mengetik, internetan, sampai membuat design dan game. Namun pasti selama kita menggunakan kaptop dan komputer pasti pernah mengalami. Terdapat banyak faktor yang memungkinkan terjadi crash, baik pada sistem operasi maupun program aplikasi pada komputer atau laptop.

Nah kali ini urgent.id akan share beberapa penyebab tersebut diantaranya :

  1. Memory RAM Jelek

Ram yang jelek bisa mengakibatkan BSOD dengan pesan Fatal Exception Error. Hal ini terjadi bila module ram yang terpasang pada komputer kita tidak sesuai dengan Motherboard. Atau anda menggunakan 2 buah Ram yang spesifikasinya berbeda.

  1. Hard Disk

Hard disk biasanya hardware yang sering membuat sistem komputer kita menjadi crash. Ini disebabkan adanya Bad Sector dan banyak fragmented file pada hard disk tersebut. Untuk mengatasi bad sector sepertinya susah-susah mudah karena walaupun bad sector tersebut bisa dihilangkan namun lambat laun bad sector tersebut akan kembali lagi. Sedang untuk menghilangkan fragmented file untuk OS windows silahkan anda pergunakan tool bawaan windows itu sendiri yang bernama Disk Defragmenter.

  1. Virus

Sudah tidak asing lagi dengan namanya virus :). Sebagian besar pengguna komputer yang menggunakan OS Windows mungkin sudah mengalami terinfeksi oleh virus. Untuk mencegahnya gunakan selalu anti virus yang terupdate pada komputer anda.

  1. Pengaturan BIOS

Bila anda kurang familiar dengan BIOS, jangan pernah merubah settingan yang ada, karena ini dapat mengakibatkan komputer anda crash. Atau bila anda ingin merubahnya, saran saya catat dulu settingan sebelumnya agar bilamana terjadi crash settingan tersebut bisa anda kembalikan.

  1. Software

Software yang tidak kompatibel dengan sistem komputer kita juga bisa menyebabkan crash. Walaupun mungkin error yang disebabkan oleh software bisa diatasi dengan cara uninstall software tersebut, namun ada baiknya anda juga menggunakan tool system restore pada windows. Ini dimaksudkan untuk menjaga bila ternyata software yang di install mengakibatkan error atau crash pada sistem komputer kita.

  1. Printer

Ternyata printer juga bisa menyebabkan crash pada sistem komputer kita. Ini dikarenakan terlalu besarnya data yang akan dicetak. Printer mempunyai memory kecil yang dikenal dengan buffer. Dan buffer ini juga bisa menjadi overload saat akan mencetak sebuah file yang sangat besar misalnya. Dan tentu saja hal ini mengakibatkan komputer kita jadi super lambat dan juga bisa mengakibatkan crash. Dan setelah crash tersebut data yang ada di buffer printer masih belum hilang. Cara untuk menghilangkannya adalah dengan mencabut printer dari komputer lalu matikan dan nyalakan kembali.

  1. Overheating (Panas berlebih)

Overheating atau panas yang berlebih pada CPU biasanya terjadi dikarenakan kipas pendingin Prosessor tidak berputar atau biasanya juga terjadi pada CPU yang telah di overclock hingga menyebabkan kernel error.

  1. PSU (Power Supply Unit)

PSU yang sudah drop bisa mengakibatkan crash juga. Ini dikarenakan mungkin usianya yang sudah tua atau memang sudah tidak mampu lagi memberikan supply pada komputer kita. Agar hal tersebut tidak terjadi, bila ada dana lebih, gunakan UPS (uninterrupted power supply) untuk PSU komputer anda.

Demikian beberapa penyebab yang menimbulkan laptop anda crash, apabila hal ini tidak ditindaklanjuti dikhawatirkan laptop anda semakin bertambah parah. Alangkah bagusnya segera lakukan perbaikan ke tempat service, salah satu tempat service yang menjadi rujukan di kota Bandung bisa dikunjungi DISINI. Terimakasih semoga bermanfaat!

Sumber :

https://urgentid.wordpress.com/
http://www.urgent.id/service/laptop/

http://agussale.com/10-penyebab-komputer-crash-dan-solusinya

http://www.root93.co.id/2014/10/cara-mengatasi-program-komputer-yang.html

http://yudhistirasastra.blogspot.co.id/2014/02/cara-mengatasi-software-crash.html

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 09 Oktober 17 - 13:52 WIB
Dalam Kategori : PERBAIKI LAPTOP, LAPTOP RUSAK, CRASH PADA LAPTOP
Dibaca sebanyak : 132 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback