Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

Ini Dia Ciri-ciri Motherboard Laptop Anda Rusak, Penasaran Yuk Simak!

Ini Dia Ciri-ciri Motherboard Laptop Anda Rusak, Penasaran Yuk Simak!
Laptop merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi beberapa kalangan masyarakat, terutama bagi para Mahasiswa apabila bagi yang sedang menempuh penelitian skripsi. Salah satu permasalahan yang sangat ditakuti terjadinya adalah ketika kerusakan terjadi pada bagian motherboard atau mainboard. Namun sebagian besar mungkin mahasiswa kadang kurang tau ciri permasalahan pada motherboard laptop. Penasaran ! Yuk simak..
 
Permasalahan pada laptop maupun komputer perlu kita cegah, apalagi permasalahan ini terjadi pada bagian motherboard, karena komponen ini selain sangat vital sebagai wadah terpasangnya hardware pada laptop juga memiliki harga yang paling mahal dibandingkan dengan komponen lainnya pada sebuah rangkaian laptop maupun komputer.
 
Sehingga alangkah lebih baiknya sebelum terjadi kerusakan pada motherboard kita harus mengetahui cara mencegah dan mengatasinya. Namun pada kesempatan kali ini urgent.id akan sedikit berbagi beberapa ciri-ciri yang terjadi apabila motherboard kita mengalami kerusakan. Sebagai berikut : 
 
1. Terjadi panas berlebihan pada awal dinyalakan
 
Hal yang tidak biasa terjadi ketika motherboard laptop atau komputer bermasalah adalah adanya kondisi dimana panas berlebihan mekipun laptop baru saja dinyalakan, padahal pada laptop normal akan terasa panas apabila sudah beroperasi lebih dari 2 jam. Nah perlu kita antisipasi permasalahan ini sebelum terjadi kerusahakan yang lebih serius, dengan membuka laptop dan membersihkan bagian dalam terutama motherboard. Penyebab, hal ini biasanya Motherboard mengalami kerusakan pada lokasi sekitar IC chipset dan juga IC psu (power supply), sehingga dapat menyebabkan chipset dan juga komponen menjadi panas.
 
Cara pengecekan :
 
Untuk mengetest, apakah memang benar kerusakan terjadi pada motherboard, anda harus membongkar komputer, lalu membersihkan bagian Motherboard dan memastikan bahwa semua komponen telah tersambung dengan sempurna dengan socketnya. Setelah memastikan hal tersebut, namun masalah yang muncul masih sama, terutama panas pada area chipset, maka bisa dipastikan motherboard anda mengalami permasalahan dan harus segara dikonsultasikan ke tempat service.
 
2. Permasalahan pada BIOS
 
Kemudian bisa juga terjadi pada BIOS. BIOS sangat memiliki pengaruh terhadap kinerja motherboard laptop ataupun komputer. Ada beberapa kriteria permasalahan pada BIOS yang menunjukkan kerusakan pada motherboard, seperti :
 
  • Tidak dapat masuk ke dalam BIOS
  • Berhenti di menu BIOS, dan tidak masuk ke dalam Sistem Operasi
  • Komputer menyala, tetapi tidak muncul menu BIOS
  • Hanya muncul logo BIOS saja, dll
  • Overheating pada processor
  • Kerusakan pada bagian IC, seperti IC yang terbakar
  • Suplai listrik berlebihan ataupun kurang
  • Overclock
3. Komputer sering mengalami mati sendiri
 
Selanjutnya yang terakhir ini adalah laptop atau komputer sering mati sendiri atau restart ulang. Selain motherboard rusak, ada beberapa penyebab komputer sering restart sendiri.
 
Ada beberapa penyebab yang dapat membuat sebuah motherboard mengalami kerusakan. Berikut ini adalah beberapa penyebab motherboard mengalami kerusakan :
  • Overheating pada processor
  • Kerusakan pada bagian IC, seperti IC yang terbakar
  • Suplai listrik berlebihan ataupun kurang
  • Overclock
Bisa juga disebabkan oleh virus atau aplikasi yang menyebabkan processor menjadi sangat panas. Untuk mencegah agar motherboard tidak mengalami kerusakan, maka hal yang wajib untuk dilakukan adalah dengan cara :
  1. Senantiasa menjaga suhu komputer agar tidak overheat, salah satunya tidak menggunakan laptop pada tempat yang kedap udara, seperti menyimpan diatas Kasur.
  2. Hindari komponen motherboard dari lokasi berdebu yang bisa menghambat proses pendinginan, atau sering lakukan pembersihan secara rutin.
  3. Hindari menjatuhkan motherboard terutama pada laptop, karena akan menimbulkan kerusakan pada komponen.
  4. Selalu periksa apakah setiap komponen sudah tersambung dengan baik pada socketnya atau ada bagian kabel yang terjepit atau benda lain yang nyangkit di komponen mobo.
  5. Alangkah lebih baik coba gunakan volt stabilizer untuk menstabilkan daya listrik dan juga tegangan listrik, agar tidak kurang ataupun kelebihan.
Demikian beberapa ciri dan tip cara merawat motherboard agar terhindar dari kerusakan. Semoga Bermanfaat! 
 
Sumber :
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 09 Oktober 17 - 16:05 WIB
Dalam Kategori : PERBAIKAN LAPTOP, MOTHERTBOARD RUSAK
Dibaca sebanyak : 284 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback