Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

Ini dia 3 Cara Ampuh Mengatasi Touchscreen Ponsel Android Error, yuk kepoin!

Ini dia 3 Cara Ampuh Mengatasi Touchscreen Ponsel Android Error, yuk kepoin!

Ketergantungan akan ponsel saat ini sudah menjadi hal wajar karena kebanyakan informasi dan komunikasi sudah tidak terpisahkan dengan koneksi internet. Ketika terjadi permasalahan pada perangkat komunikasi khusus nya ponsel pintar atau smartphone tentunya akan menggangu aktivitas sehari-hari terutama bagi mereka yang bekerja selalu berhubungan dengan media social. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pengguna ponsel, baik itu ponsel murahan maupun ponsel mahal tidak menjadi jaminan touchscreen mereka tidak bermasalah, hal ini bias dikarenakan human error sampai kesalahan dari pabrikan.

Ponsel canggih dengan mode layar sentuh atau touchscreen adalah satu ponsel yang paling banyak diminati di seluruh dunia, terutama indonesia. Dengan kecerdasan dan kehebatan otak manusia yang selalu berinovasi dan mengembangkan smartphone tentunya tidak akan jauh dari kekurangan. Smartphone yang canggih dan pintar tentu saja dapat membantu kegiatan sehari-hari anda, namun sebuah smartphone tentunya pasti akan terjadi kerusakan baik secara hardware ataupun software. Misalnya saja pada bagian Layar Sentuh yang sering macet dan error, hal ini biasanya disebabkan oleh sensifitas Layar yang tidak begitu merespon.

Penggunaan yang berlebihan tentu saja dapat merusak sensitifitas, hal ini biasanya dilakukan saat sedang bermain game, dengan semangatnya anda menekan bagian layar yang terlalu berlebihan sehingga membuat sensifitas layar menjadi kurang baik. Penyebab lain mungkin adanya file-file sampah atau cache yang tidak pernah dihapus sehingga menyebabkan ponsel android terasa berat, terutama pada bagian Touchscreen android yang lambat dan error. Tapi tenang saja, kali ini Urgent.id akan berbagi sedikit ilmu praktis menganai tips jitu cara mengatasi touchscreen smartphone macet dan error. Sebagai berikut :

1. Dengan Cara Menggunakan Kalibrasi Android

Fitur kalibrasi biasanya tersedia langsung pada smartphone dan tablet android yang beredar. Kalibrasi ini difungsikan sebagai percobaan pada Touchcreen android apakah berfungsi normal atau tidak. Dari berbagai sumber mengatakan bahwa dengan menggunakan Kalibrasi maka sensitifitas pada layar akan kembali membaik. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, masuk pada menu Setting > Display > Calibration.
  2. Kemudian gunakan kode *#*#2664#*# untuk melihat sensitifitas pada Layar Android.
  3. Terakhir, restart ponsel android anda
  4. Selesai

2. Dengan Cara Membersihkan RAM Android

Cara yang satu ini lebih ampun dari pada yang lainnya. Anda bisa menggunakan Cleaner atau TuneUp yang dikhusukan untuk ponsel android. Nah berikut ini cara membersihkan ram yang akan urgent.id share dengan menggunakan Clean Master. Berikut tutorialnya :

  1. Buka aplikasi clean master pada ponsel android anda gunakan saat ini. maka secara otomatis aplikasi ini akan melakukan scan serta akan tampilkan detail berapa banyak junk file atau file sampah serta berapa banyak ram anda gunakan saat ini.
  2. Pilih pada menu pengoptimal memori yang berguna untuk menghentikan aplikasi yang tidak anda gunakan saat ini,karena sering sekali kita lupa menutup dengan benar aplikasi yang kita gunakan sebelumnya,sehingga aplikasi terus berjalan di balik layar ,hal ini membuat ram anda gunakan akan full dan membuat perangkat android anda semakin lambat/lemot.
  3. langkah selanjutnya menghapus junk file, kembali ke home aplikasi clean master,lalu pilih pada menu junk file,ketika anda sudah memilih menu junk file akan muncul file sampah,mirip seperti gambar di bawah ini,setelah itu pilih bersihkan sesampahan atau bersihkan junk file.
  4. Selesai

Setelah cara diatas sudah dilakukan anda akan merasakan perbedaannya.

3. Dengan Cara Restart Ponsel Android

Apabila touchscreen benar-benar tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya lakukan restart pada smartphone android anda, kemudian lepas SIM, Micro SD, dan Baterai. Berikut langkah-langkahnya

  1. Gunakan tombol power untuk merestart ponsel android anda.
  2. Apabila ponsel benar-benar sudah mati, lepas baterai, SIM, Micro SD. Diamkan sebentar, agar ponsel dapat beristirahat.
  3. Kemudian bersihkan Layar Android dengan dengan menggunakan tisu halus yang dibasahi alkohol isopropyl.
  4. Apabila sudah dibersihkan, pasang kembali SIM, Baterai, dan Micro SD tersebut.
  5. Cobalah nyalakan ponsel.
  6. Selesai.

Itulah beberapa Tips Yang Dapat Anda Coba Dalam Memperbaiki Touchscreen Android Yang Error Dan Sering Macet. Dari tips tersebut, saya tidak bisa menjamin apakah Toucscreen android anda dapat normal kembali seperti biasanya. Namun, tidak ada salahnya apabila anda mencoba cara tersebut satu persatu.

Saya sarankan apabila semua langkah diatas tidak dapat diatasi atau tidak ada pengaruh yang signifikan alangkah lebih baik nya anda coba menggunakan pelayanan service oleh teknisi smartphone professional, salah satu tempat service rekomendasi yang menyediakan pelayanan cepat dan berkualitas serta bisa menggunakan fitur online sehingga tidak repot untuk dating langsung ketempat service langsung. Yuk kepoin Di Sini, tempat service online tercepat bergaransi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sumber :

http://www.urgent.id/service/android/7-layar-lcd-touchscreen.php

http://www.heyriad.com/2014/07/cara-mengatasi-touchscreen-android-error.html

https://www.riaume.com/cara-bersihkan-ram-android.html

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 25 Oktober 17 - 14:28 WIB
Dalam Kategori : TOUCHSCREEN ANDROID, LAYAR SMARTPHONE RUSAK, PERBAIKAN LCD HP, CARA MENGATASI ANDROID
Dibaca sebanyak : 514 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback