Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

Hati-hati 5 Tanda Kerusakan Berakibat Fatal pada LCD Laptop, Yuk Simak!

Hati-hati 5 Tanda Kerusakan Berakibat Fatal pada LCD Laptop, Yuk Simak!

Laptop haruslah memiliki kondisi yang terbaik untuk membuat laptop bisa digunakan dengan maksimal, apabila ada salah satu komponen baik hardware maupun system, software dan sebagainya dapat mengakibatkan efektivitas pada penggunaan laptop menjadi terganggu. Nah, komponen yang paling penting ini salah-satunya adalah layar atau LCD, karena termasuk menjadi bagian sistem output dari system yang begitu rumit menjadi simple. Tentunya hal ini harus selalu kita perhatikan agar tetap dalam keadaan sehat atau tidak ada gejala keruasakan. Ketika LCD laptop rusak sudah pasti laptop akan menjadi tidak berguna karena memang tidak bisa digunakan.

Untuk itulah, sebelum kerusakan pada laptop menjadi lebih parah berikut URGENT.ID share ciri-ciri LCD Laptop rusak secara dini. Mengetahui gejala diawal dengan cepat akan membuat anda bisa untuk langsung mengambil tindakan pada laptop tersebut.

Yuk simak! Berikut ini ciri-ciri Layar atau LCD Laptop yang rusak

1. Layar Flicker atau Bergoyang

Kasus yang satu ini biasanya banyak terjadi pada laptop yang terlalu banyak dilakuakn gerakan buka tutup pada laptop. Flicker disini adalah kondisi dimana LCD menampilkan garis yang sangat banyak ataupun kondisi dimana LCD akan menampilkan tampilan yang abstrak dan diikuti dengan tampilan yang bergetar.

1-5a1678002599ec5412056c92.jpg

Layar pada komputer layaknya sebuah hard disk yang memiliki aneka fungsi harddisk pada komputer. Tanpa ada tampilan pada LCD sudah pasti akan membuat anda tidak bisa menggunkannya lagi. Fungsi dari LCD akan menjadi kurang baik dan bahkan tidak bisa digunakan ketika LCD mengalami masalah seperti kasus LCD yang bergoyang.

2. Adanya Goomy

Nah tanda ini biasanya tidak selalu terlihat sekilas kadang kita bisa melihat Goomy pada sudut layar yang berbeda, misalnya dilihat dari samping akan terlihat. Goomy itu sendiri adalah bercak putih yang terdapat pada layar. Bercak putih ini terlihat lebih terang jika dibandingkan dengan bagian LCD lainnya.

3-5a1678b805f1cd4222525bd2.jpg

Bentuknya juga tidak begitu besar hanya terlihat seperti bulatan kecil atau titik kecil pada LCD namun terlihat sangat jelas. Jika terdapat satu titik saja berarti kerusakan belum terlalu parah, namun jika anda sudah menemukan banyak titik yang hampir sama dengan goomy tersebut tentu saja akan sangat menganggu pada saat digunakan. Ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi laptop dibandingkan harus menunggu kerusakan menjadi lebih parah atau bahkan mati seketika.

3. LCD Bergaris

Berikutnya ditandai dengan garis yang biasanya vertical dan adapula yang horizontal. Tanda yang satu ini mudah terlihat bahkan akan sangat nampak. Apabila masalah ini tidak segera diatasi akan menjadi kerusakan yang permanen atau artinya jika sudah sekali saja terjangkit dengan adanya LCD yang bergaris maka aka nada secara terus menerus dan tidak bisa dihilangkan.

2-5a1678c363b2481886441e12.jpg

Namun garis ini juga bisa saja berubah, saat pertama mungkin hanya akan muncul satu garis tipis baik itu vertical ataupun horizontal namun jika dibiarkan secara terus menerus akan semakin bertambah dan bertambah lagi hingga menjadi banyak dan bahkan menjadi penuh dan membuat LCD tidak terlihat lagi.

4. LCD Menampilkan Tampilan Artifact

Selanjutnya kerusakan yang sangat jarang namun bisa saja terjadi pada salah satu perangkat hard ware laptop. Kerusakan yang ditandai ketika tampilan pada layar berbentuk kotak-kotak atupun huruf pada karakter tertentu yang muncul dan memenuhi seluruh tampilan pada layar, dan bahkan bisa saja tampilan pada layar menjadi tidak terlihat sama sekali, hal ini tentunya sangat menyebalkan mengganggu aktivitas kita.

4-5a16790ffcf6813e7071d8e2.jpg

Tanda kerusakan yang satu ini, kamu harus melakukan pengecekan kepada beberapa komponen seperti LCD, kabel ataupun pda bagian VGAnya. Dan biasa nya kasus ini dikarenakan oleh VGA. Solusinya harus ganti VGA atau konsultasikan dan service ke ahlinya.

5. LCD Blank

Nah, yang terakhir ini adalah kerusakan parah dan juga kasus yang sering terjadi dialami oleh pengguna laptop, baik dari yang murah sampel level medium sekalipun. Adapun satu hal ini juga bisa saja menjadi kerusakan yang sering terjadi yaitu kerusakan dimana LCD tidak menampilkan aktifitas ataupun tampilan apapun.

00-5a167a143c2c752a4e5f72d2.jpg

Kasus dimana layar tidak akan menampilkan apa-apa, dalam arti meskipun laptop sudah jalan, blank yang biasa nya tampil adalah warna hitam dan putih. Untuk kerusakan banyak faktor yang menyebabkan nya, bisa jadi karena hal sepele seperti kabel flexi tidak terhubung dengan sempurna atau bisa juga karena VGA yang rusak harus di ganti atau biasa nya dilakukan perbaikan VGA seperti reballing dan sebagainya.

Ok, demikian merupakan gejala atau tanda kerusakan pada LCD Laptop dari yang teringan sampai terparah, oleh karena itu jagalah laptop kamu jangan sampai terlambat sehingga bisa-bisa tidak bisa digunakan lagi. Tapi bagi kamu yang sudah terlanjur mengalami kerusakan parah alangkah lebih baiknya segera konsultasikan dengan ahlinya, yuk kepoin URGENT.ID salah satu tempat service ahli dibidang perbaikan laptop di Kota Bandung, bisa melayani penjemputan kerusakan barang kamu menggunakan aplikasi android keren dan bukan hanya itu tempat service ini juga memberikan garansi jasa maupun spartpartnya. Semoga bermanfaat yaa..

Sumber :

http://www.urgent.id/service/laptop/9-lcd.php

https://urgentid.wordpress.com/2017/11/23/hati-hati-5-tanda-kerusakan-berakibat-fatal-pada-lcd-laptop-yuk-simak/

https://www.kompasiana.com/benysaeful/5a167e193c2c752b482b4704/hati-hati-5-tanda-kerusakan-berakibat-fatal-pada-lcd-laptop

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 23 November 17 - 15:26 WIB
Dalam Kategori : LCD LAPTOP, LCD RUSAK, TIPS PERBAIKAN
Dibaca sebanyak : 126 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback