Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

HATI-HATI 3 GEJALA INI, KEMUNGKINAN VGA LAPTOP KAMU BERMASALAH! YUK SIMAK!

HATI-HATI 3 GEJALA INI, KEMUNGKINAN VGA LAPTOP KAMU BERMASALAH! YUK SIMAK!
Laptop dan Desktop (personal computer) sudah menjadi salah satu barang yang paling dibutuhkan untuk menemani aktivitas sehari-hari. Tentunya ketika terjadi kondisi laptop anda rusak ini akan mengganggu aktivitas kerja maupun tugas anda, baik itu permasalahan ringan sampai permasalahan berat yang perlu mengeluarkan budget service yang cukup menguras dompet. Salah satu dari sekian permasalahan laptop yang cukup berat adalah ketika kerusakan terjadi pada VGA laptop anda.
 
Nah, tentunya yang sering ngoprek perangkat keras dan para gamer sudah familiar dengan nama komponen yang satu ini. VGA sendiri merupakan singkatan dari Video Graphic Adapter. Komponen ini sangat diperlukan untuk menyajikan kualitas visual yang ditampilkan pada layar monitor laptop. Banyak pengguna terutama para gamer berat dan desainer saat membeli laptop biasanya mempertimbangkan komponen ini. Sebut saja contohnya seorang gamer untuk memuaskan hasratnya biasanya memilih kualitas VGA yang tinggi untuk menghasilkan visual game yang masksimal.
 
Mengingat betapa pentingnya VGA pada komputer kita, ada baiknya kita mengenal ciri-ciri kerusakan pada VGA sehingga kita dapat mengambil langkah preventif untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.
 
Kerusakan VGA banyak sekali kasusnya, makanya diperlukan diagnosa kerusakan. Yuk simak bareng urgent.id!
 
Kasus I : Layar Blank Hitam
 
Kondisi dimana Anda menekan tombol power pada komputer, komputer menyala (biasanya ada tanda lampu indikator power atau lampu indikator hard disk drive yang menyala, atau lampu indikator pada keyboard menyala atau kipas lain dalam komputer yang berputar seperti normal biasanya. Monitor juga sudah menyala namun monitor tidak menampilkan apapun (hanya layar hitam yang tampil) bahkan masuk ke BIOS pun tidak bisa, Maka apabila hal tersebut terjadi maka ada beberapa kemungkinan sebagai berikut :
 
  1. Jika Anda menggunakan VGA Card, kemungkinan VGA Card tersebut tidak terpasang dengan baik (mungkin kurang tepat). Matikan komputer lalu cabut VGA Card, kemudian pasangkan kembali dengan hati-hati dan pastikan terpasang dengan benar.
  2. Jika VGA Card sudah terpasang dengan baik namun masih tetap mengalami gejala seperti diatas, mungkin VGA Card yang Anda gunakan bentrok dengan VGA OnBoard pada motherboard, Anda harus men-disable fungsi VGA OnBoard dari BIOS.
  3. Jika VGA Card sudah terpasang dengan baik dan VGA OnBoard sudah di-disabled, maka kemungkinan slot VGA Card-nya rusak atau mungkin juga VGA Card-nya yang rusak
Kasus diatas bisa juga terjadi pada kondisi processor yang sudah rusak, dikarenakan salah satunya overheat, suatu kondisi dimana laptop atau computer terlalu panas sehingga prosesor menjadi gosong.
 
Kasus II : BIOS tidak berfungsi Normal
 
Kasus terjadi ketika komputer sudah menyala serta monitor dapat menampilkan logo sistem operasi atau teks dan BIOS juga dapat diakses, namun masalahnya tidak berfungsi dengan baik bahkan sering terjadi blank setelah masuk ke sistem operasi, maka :
 
  1. Kemungkinan pertama adalah driver VGA Card yang belum terinstall atau crash (karena virus atau penyebab lain), bentrok dengan driver lain (biasanya terjadi saat Anda mangupgrade VGA Card dan menginstall driver VGA Card lain), uninstall kemudian re-install driver VGA Card (jika memungkinkan) merupakan solusi yang paling sederhana.
  2. Mungkin juga VGA Card yang Anda gunakan telah di over-clock sehingga motherboard mengalami kelebihan beban (khususnya chipset dan slot PCI/PCI Express (slot VGA Card)) sehingga Anda diharuskan mengembalikan clock-nya ke ukuran default.
 
Ciri ini kemungkinan besar sekali disebabkan oleh driver VGA Card sehingga fungsi VGA Card tidak dikenali dan dikendalikan oleh sistem operasi.
 
Kasus III : Resolusi layar bermasalah
 
Gejala dimana laptop atau komputer menyala dan VGA Card bekerja dengan baik, namun resolusi tidak maksimal (misalnya mentok di 1024×768, tidak bisa lebih padahal pilihannya tersedia), maka :
 
  1. Mungkin monitor yang Anda gunakan tidak mendukung resolusi diatas 1024×768 (atau resolusi lain), periksa kembali spesifikasi monitornya sebelum menarik kesimpulan bahwa VGA yang rusak, upgrade VGA Card atau upgrade motherboard (diikuti dengan upgrade VGA OnBoard) harus pula diimbangi dengan upgrade komponen lain seperti (mungkin saja) PowerSupply dan Monitor.
  2. Jika spesifikasi monitor dipastikan mendukung resolusi yang diinginkan, namun masalah seperti kasus diatas tetap terjadi, maka kemungkinan terjadi ketidak-sesuaian antara driver yang terinstall dengan sistem operasi yang digunakan, sistem operasi yang terupdate harus diimbangi dengan update pada driver (termasuk driver VGA).
Ok, demikian sedikit share urgent.id terkait permasalahan yang biasa terjadi pada komponen VGA yang bermasalah. Apabila terjadi kepada anda, tentunya memperbaiki kerusakan VGA sendiri cukup sulit kecuali anda mempunyai alat untuk service yang biasa disebut reballing. Maka alternative cepat anda perlu meggunakan jasa teknisi yang professional dan cepat dalam memperbaiki laptop atau computer kamu yang rusak. Coba yuk kunjungi URGENT.ID gratis konsultasi kerusakan dan bergaransi. Mohon di share jika bermanfaat!
 
sumber :
 
 
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 14 Oktober 17 - 11:22 WIB
Dalam Kategori : VGA LAPTOP RUSAK, PERBAIKAN VGA, MASALAH LAPTOP MATI TOTAL
Dibaca sebanyak : 887 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback