Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

Gawat Gan! Ini 5 tanda Smartphone terinfeksi virus kadang tidak kita sadari!!!

Gawat Gan! Ini 5 tanda Smartphone terinfeksi virus kadang tidak kita sadari!!!
Di era digitalisasi yang serba terkoneksi internet, ancaman virus di smartphone Android terus meningkat.  Bahkan beberapa waktu yang lalu, ancaman ransomware WannaCry sempat mengancam pengguna Android. Ngeri, Gan? Sebelumnya kita ketahui terjadi serangan cyber skala besar menginfeksi lebih dari 75.000 komputer di 99 negara, menuntut pembayaran tebusan dalam 20 bahasa, agar perangkat bisa pulih kembali. Nah berikut ini merupakan tanda smartphone terserang virus, akan mulai menampilkan gejala-gejala aneh. Jika mulai mengalami gejala-gejala berikut, bisa jadi smartphone Android Agan telah terkena virus.
 
1.       Daya Tahan Baterai Melemah
Sifat jahat virus baik di komputer atau Android adalah selalu aktif di background. Di Android, virus akan aktif menampilkan iklan, memanipulasi data, hingga menjalankan program tidak penting yang akan membuat baterai semakin cepat habis.
 
Jika baru beli smartphone tapi daya tahan baterainya terasa buruk dan cepat habis, bisa jadi smartphone agan kena virus. Tapi jika smartphone sudah lama digunakan, mungkin baterai smartphone agan rusak dan minta ganti, hehe.
 
2.       Kualitas Panggilan Terganggu
Agan pasti pernah telponan sama orang tapi suaranya gak jelas walau sinyalnya kuat putus koneksi tidak karuan. Jika hal ini selalu terjadi, kuat kemungkinan smartphone agan terinfeksi virus. Karena virus memiliki kemampuan untuk mencuri data dari percakapan telepon, sehingga akan mengganggu kualitas panggilan.
 
Hal ini apabila dibiarkan tentunya akan sangat mengganggu komunikasi agan, terutama dengan si doi. Jadi alangkah lebih baiknya agan segera antisipasi apabila mengalami tanda-tanda ini, misalnya dengan menginstall anti virus atau bagusnya konsultasi ke tempat service hp.
 
3.       Lalu Lintas Data Internet Meningkat
Meningkatnya lalu lintas data internet bisa menjadi tanda adanya sosok virus dismartphone agan. Selain aktif mengirimkan data dari korban, virus juga rajin melakukan download dan update untuk menjaga dirinya tetap hidup di smartphone.
 
Untuk antisipasi agan disarankan jangan malas untuk memantau penggunaan data internet di smartphone. Salah satunya dengan mengaktifkan fitur Data Usage untuk mengatur dan memantau batasan data.
 
4.       Pulsa Membengkak
Ada banyak virus di smartphone yang bertugas mengirimkan data berupa SMS atau melakukan pembayaran sendiri. Tujuannya jelas untuk menguntungkan pengembang virus.
 
Dalam beberapa kasus, virus hanya mengirimkan beberapa SMS dalam sebulan agar tidak dicurigai. Tapi ada juga virus yang melakukan pembayaran besar-besaran lewat SMS sehingga membuat tagihan dan pengeluaran pulsa membengkak. Nyebelin kan? Lebih nyebelin lagi karena setelah membuat tagihan besar, virus itu akan menghapus dirinya sendiri! Kayak jelangkung gitu gan Arrrghh…
 
5.       Performa tidak maksimal
Kasus ini dapat terjadi jika smartphone agan, misalnya RAM 4GB dan Baterai 5000Mah dengan menginstall sedikit aplikasi namun seringlag dan tiba-tiba sering restart sendiri? Fix, kemungkinan besar smartphone agan kena virus. Adanya virus di smartphone akan membuat konsumsi sumber daya smartphone kamu jadi boros, dampaknya performa smartphone tidak maksimal jika dibandingkan dengan spesifikasi yang dibawa.
Nah itulah 5 tanda-tanda smartphone Android apabila terinfeksi virus. Jika smartphone agan ternyata sudah terjangkit virus, gak usah panik, ada konsultasi gratis. Yuk coba kunjungi urgent.idatau klik http://www.urgent.id/. SERVICE TERCEPAT BERGARANSI…
 
 
Source :
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 31 Agustus 17 - 10:24 WIB
Dalam Kategori : VIRUS, SMARTPHONE, ANDROID
Dibaca sebanyak : 76 Kali
Rating : 2 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback