Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

Cara Mencegah Ponsel Android Anda dari Overheating

Cara Mencegah Ponsel Android Anda dari Overheating

Ponsel android kamu sering panas. Hal ini bukan terjadi dengan sendirinya banyak faktor yang membuat hal ini terjadi, bisa jadi aplikasi yang berjalan di latar belakang yang tidak kamu ketahui terlalu berlebihan? Mungkin kamu bermain terlalu banyak dan lainnya, faktanya cukup sulit untuk menentukan mengapa smartphone kamu terlalu panas atau overheat. Yuk simak artikel berikut !

Faktor penggunaan berlebihan pada ponsel memang benar dapat menyebabkan overheat atau dikarenakan kecerahan layar kamu terlalu tinggi, hotspot wifi yang terlalu lama diaktifkan, terlalu banyak untuk main game, dll. Either way, bagaimanapun juga itu harus segera kita atasi sebelum terjadi akibat yang lebih parah seperti mati total. Jadi, mari kita cari tahu berbagai sebab dan membantu kamu menyelesaikan apa yang sedang terjadi.

Ok, kali ini akan share seputar solusi dan saran mengatasi ponsel overheat, yuk simak!

1. Jangan Overclock Ponsel

Overclock sendiri merupakan kondisi dimana kamu melakukan up speed pada smartphone kamu, banyak software yang memfasilitasi ponsel kamu lebih cepat dari standar bawaan, namun tahukah ada resiko dibalik meningkatnya kecepatan ponsel secara paksa oleh software tertentu, yakni overheat. Kenapa hal ini terjadi karena standart kecepatan system dan batterai pabrikan biasanya sudah di setting sedemikian pas, sudah seimbang, apabila terjadi up speed tentu akan menguras batterai.

2. Turn off koneksi wifi apabila tidak dipakai

Ini merupakan salah satu penyebab ponsel cepat panas, ketika ponsel terkoneksi ke internet tentunya hal ini akan berdampak pada lalu lintas keluar masuk data sehingga ponsel terus menerima beban baik berupa chace ataupun lainnya. Oleh karena itu solusi ini setidaknya bisa kita biasakan, disamping mengirit kuota, hehe.

3. Pasang Aplikasi Pengelola Sistem Ponsel Android

Saran selanjutnya coba kamu pasang system pengelola berupa aplikasi bawaan maupun dari pihak ketiga, maksudnya bawaan pabrik tidak menyediakan aplikasi pengelola system, jadi kita harus download manual. Salah satu aplikasi yang rekomended adalah Grenify.. Aplikasi berukuran kecil ini namun sangat efektif untuk kelola system ponsel seperti hibernasi system yang berjalan.

4. Jangan Bekap Ponsel dan jauhkan dari suhu yang terlalu panas

Selanjutnya, usahakan jangan bekap ponsel kamu, missal sering disimpan di saku celana jeans yang ketat dan ponsel dalam keadaan hidup, ini menjadi pemicu overheat. Solusi nya coba pakai kantung ponsel yang praktis atau simpan ponsel di tempat penyimpanan yang tidak terlalu ketat. Selain itu jauhkan ponsel dari suhu yang panas, ini bukan berarti lumrah jika menyimpan ditempat panas otomatis jadi panas, bukan melainkan ini masalah hardware bawaan pabrikan biasanya memberikan batasan suhu standart, apabila melebihi itu akan rusak pada bagian hardware tentu memicu overheat.

Nah, saran atau solusi untuk mengatasi ponsel overheat tentunya masih sangat banyak factor dan cara mengatasinya, namun ke empat solusi simple diatas merupakan yang paling dalam mencegah ponsel overheat. Kasus apabila ponsel kalian mengalami masalah pada overheat, dan sudah melakukan berbagai cara untuk memperbaikinya, mungkin disarankan untuk konsultasikan dengan tempat service terdekat, untuk mengetahui lebih lanjut apakah kerusakan terjadi pada hardware atau software, dll. Semoga membantu!

Sumber :

https://bincangandroid.blogspot.co.id/2017/04/mengatasi-hp-android-cepat-panas.html

https://medium.com/@benysaeful/cara-mencegah-ponsel-android-anda-dari-overheating-52f560c7d0b3

http://www.webkeren.net/2015/06/hp-android-cepat-panas-sebab-solusi-mengatasi.html

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 29 November 17 - 14:18 WIB
Dalam Kategori : SMARTPHONE OVERHEAT, ANDROID PANAS, HP CEPAT PANAS
Dibaca sebanyak : 53 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback