Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

7 Cara Simpel Merawat Keyboard Laptop Agar Tahan Lama

7 Cara Simpel Merawat Keyboard Laptop Agar Tahan Lama
Di zaman yang serba digital, perangkat elektronik terutama laptop sudah menjadi kebutuhan yang prioritas baik untuk dunia kerja maupun aktivitas lainnya, sehingga apabila terjadi kerusakan tentunya akan sangat mengganggu, baik itu kerusakan pada software, system maupun hardware. Salah satu komponen yang sangat penting pada laptop adalah keyboard. Keyboard merupakan salah satu komponen laptop yang cukup rawan mengalami kerusakan. Mulai dari tombol yang salah memasukkan karakter, tidak berfungsi sebagian, hingga tidak berfungsi seluruhnya. Maka dari itu kali ini Urgent.id akan mengulas beberapa cara merawat keyboard laptop yang rusak tersebut.
 
Merawat keyboard pada laptop sebenarnya cukup mudah namun kadang kita yang tidak peduli atau bisa jadi tidak mengetahui. Nah, bagaimana caranya agar keyboard laptop kamu bias tahan lama? Yuk simak!
 
1. Gunakan Keyborad Cover
 
Cover keyboard sangatlah penting kegunaanya karena keyboard cover mampu melindungi keyboard leptop dari debu dan cairan. Harga dari keyboard cover ini bervariasi tergantung jenis keyboard leptop kamu, tenang! keyboard laptop umumnya dijual dengan harga yang murah kok. Jika kamu menggunakan Keyborad Cover ini akan mengurangi masuknya debu dan cairan kedalam sela-sela keyboard laptop. Apalagi jika kamu tidak menggunakan cover keyboard pasti ada kotoran masuk ke sela-sela keyboard laptop ditambah lagi jarang dibersihkan, maka akan menyebabkan error bahkan kerusakan pada keyboard.
 
2. Jangan Menekan Terlalu Kencang
 
Sebenarnya kayboard laptop itu memiliki batas tekanan yang berbeda-beda. Dengan menenkan keyboard terlalu kencang basanya dilakukan oleh para gamers karena terlalu terbawa suasana di game tersebut. Jika kamu menekan tombol laptop terlalu keras maka dapat menyebabkan keyboard laptop menjadi cepat rusak dan tidak tahan lama. Hal tersebt bisa dihindari jika kamu menekan keyboard ala kadarnya saja jangan menekan terlalu berlebihan.
 
3. Gunakan Keyboard Eksternal
 
Jika kamu Gamers yang sering terbawa suanan dalam game, maka sebaiknya kamu menggunakan keyborad eksternal. Hal ini ditujukan untuk menghindari menekan keyboard terlalu kencang. Sekalipun jika kamu menekan secara kencang maka yang akan rusak adalah keyboard eksternal. Nah jika keyboard eksternal rusak maka cara menggantinya pun mudah dan harganya pun sangat lah murah dibandingkan mengganti keyboard bawaan laptop.
 
4. Menggunakan On-Screen Keyboard
 
Apabila Anda tidak sempat membeli keyboard USB namun Anda benar-benar sangat membutuhkan keyboard untuk mengetik, maka cobalah untuk menggunakan on-screen keyboard. Untuk menggunakannya bukalah Start > Program > Accessories > Accessibility, kemudian pilih On-Screen Keyboard. On-Screen Keyboard ini berfungsi layaknya keyboard biasa. Akan tetapi, Anda harus mengoperasikannya dengan menggunakan mouse atau touchpad. Cukup merepotkan memang, namun sangat berguna jika Anda membutuhkannya dalam kondisi terdesak.
 
5. Jangan Manaruh Benda Berat Diatas Keyboard Laptop
 
Jika kamu menaruh benda berat di atas keyboard laptop, maka tidak akan hanya memberikan tekanan pada keyboard tetapi juga komponen lainnya. Hindari hal ini jika ingin laptop kamu tahan lama dan Awet.
 
6. Jauhkan Dari Cairan
 
Biasanya seseorang yang bekerja atau bermain akan menaruh minuman seperti teh, kopi, dan air putih dekat dengan laptop. Tujuan menaruh minuman didekat lapto adalah agar mudah diraih saat merasa haus. Sebenarnya hal ini boleh-boleh saja, tetapi kamu harus ekstra berhati-hati jika minum di dekat keyboard laptop, karena jika terjadi tumpahan air dan mengenai laptop maka akan menyebabkan keyboard laptop menjadi cepat rusak dan tidak awet.
 
7. Rutin Membersihkan Keyboard
 
Pernah gak sih, keyboard laptop kamu banyak debu? Nah jika pernah maka pada saat mau menggunakan laptop terasa tidak nyaman bukan. Nah maka dari itu kamu bisa membersihkan keyboard laptop dengan lap atau kuas yang khusus untuk membersihkan keyboard laptop. Kuas pembersih keyboard laptop bisa kamu dapatkan di toko-toko laptop terdekat dan harganya pun sangat murah.
 
Demikian tips merawat keyboard laptop agar bisa tahan lama, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati. Namun apabila keyboard laptop anda terlanjur rusak dan tempat service yang cepat dan berkualitas, yuk coba kepoin urgent.id.
 
Sumber :
 
http://www.urgent.id/service/laptop/...board-mati.php
 
https://carisinyal.com/cara-memperba...yboard-laptop/
 
https://panduankomputer-laptop.blogs...rd-laptop.html
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 23 Oktober 17 - 16:54 WIB
Dalam Kategori : KEYBOARD LAPTOP RUSAK, PERBAIKAN KEYBOARD LAPTOP, SERVICE KEYBOARD, KERUSAKAN KEYBOARD
Dibaca sebanyak : 341 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback