Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

5 TIPS PENTING YANG PERLU DILAKUKAN PADA LAPTOP BARU KAMU

5 TIPS PENTING YANG PERLU DILAKUKAN PADA LAPTOP BARU KAMU
Penggunaan laptop dalam aplikasi sehari-hari sudah menjadi kebutuhan, terutama yang paling banyak adalah untuk aktivitas perkantoran dan perangkat wajib para mahasiswa di kampus. Biasanya laptop secara umum digunakan untuk kebutuhan komputasi standar, seperti aplikasi kantor, kirim email, browsing, music, game, dan video. Ketika kita membeli laptop baru biasanya kita akan sedikit lebih memperhatikan laptopnya, mulai dari kebersihan, penggunaan, dan lainnya.
Nah, kali ini urgent.id akan berbagi seputar tips yang perlu dilakukan setelah membeli laptop baru, yuk simak..
1) Install Software Antivirus
Semakin liarnya virus internet yang menyerang semua perangkat yang terkoneksi internet tentunya memerlukan suatu pencegahan agar tidak terserang virus. Terdapat banyak soft antivirus, bahkan untuk Windows, Mac dan Linux! Itu sebabnya antivirus sangat direkomendasikan untuk kalian yang baru beli laptop. Jika kalian tidak menginginkan antivirus yang terus berjalan di background secara real-time, maka kalian bisa memiliki antivirus MalwareBytes yang dapat memindai komputer kalian setiap seminggu sekali. Meskipun setiap OS biasanya memiliki bawaan antivirus seperti contohnya OS Windows yaitu windows defender. Namun bagi saya kadang perlu antivirus pihak ketiga agar laptop kita benar-benar aman dari ancaman virus.
2) Hapus Bloatware
Bloatware adalah perangkat lunak yang tidak diinginkan atau tidak diperlukan bagi kebanyakan pengguna. Aplikasi ini jarang digunakan dan membuang banyak ruang drive yang berharga. Ada cara termudah untuk membersihkan bloatware pihak ketiga yakni dengan memasang salah satu aplikasi khusus, misalnya seperti aplikasi Bulk Uninstaller. Aplikasi tersebut akan memindai seluruh aplikasi yang telah terinstal pada sistem dan kalian juga harus menghapusnya jika aplikasi tersebut tidak lagi diperlukan. Pastikan kalian juga memeriksa terlebih dahuluaplikasi-aplikasi yang kalian butuhkan sebelum benar-benar menghapusnya!
3) Install Software Anti Pencurian
Pencurian laptop adalah salah satu hal terburuk yang bisa saja terjadi. Kalian tidak hanya kehilangan perangkat, tapi semua data penting di dalamnya, dan setelah diambil sudah pasti laptop kalian kemungkinan tidak akan kembali. Beruntungnya, pada sistem operasi Windows 10 memiliki built-in fitur keamanan yang disebut ‘Find My Device’yang bisa menemukan laptop kalian jika dicuri atau hilang. Jika kalian tidak menyukai fitur itu, atau saat ini kalian menggunakan produk Mac atau Linux, maka kalian dapat menggunakan versi gratis seperti aplikasi Prey(yang juga mendukung perangkat mobile Android dan iOS).
4) Gunakan Virtual private network
Disingkat Vpn merupakan aplikasi untuk mengenkripsi koneksi kalian, melindungi laptop dari penyadapan, memungkinkan kalian untuk mengakses konten yang diblokir, dan dengan VPN akan menyulitkan hacker untuk melacak aktivitas web kalian. Tapi, apakah penggunaan VPN selalu aman? Tentu tidak, khususnya jika kalian menggunakan VPN yang sifatnya gratisan. Karena VPN gratisan memiliki risiko dan biasanya ada harga yang harus dibayar oleh pengguna, yaitu masalah keamanan. VPN Gratisan bisa menjual data pelacakan web kalian kepada pihak ketiga untuk membiayai operasional mereka dan sebagainya. Maka dari itu, berhati-hatilah jika ingin menggunakan VPN yang sifatnya gratis.
5) Mengatur Backup Otomatis
Bayangkan apabila enam bulan dari sekarang kalian akan mengalami hal ini, seperti laptop yang penuh dengan dokumen, file proyek, presentasi, dan semua jenis data pribadi lainnya. Kemudian laptop kalian secara tiba-tiba crash dan semua file itu hilang untuk selamanya. Nah, hal itu tidak akan terjadi jika kalian menyiapkan sistem backup dari sekarang selagi bisa. Beruntungnya, pada Windows 10 memiliki beberapa metode backup built-in yang telah ditingkatkan lebih baik, seperti System Restore, Backup and Restore, Recovery Drive Creator, dan banyak lagi. Juga pada Mac yang memiliki fitur Time Machine. Linux juga memiliki sejumlah alat dan utilitas aplikasi backup bagus yang dapat menyelamatkan data kalian dengan mudah.
Nah demikian tips urgent.id terutama untuk kamu yang baru beli laptop, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan alangkah lebih baiknya dicegah dari sekarang. semoga bermanfaat!
sumber :
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 11 Oktober 17 - 16:09 WIB
Dalam Kategori : LAPTOP BARU, TIPS MERAWAT LAPTOP, MENJAGA LAPTOP AGAR, PERAWATAN LAPTOP
Dibaca sebanyak : 65 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback