Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

5 Tips Merawat Baterai Laptop Kamu Agar Tahan Lama

5 Tips Merawat Baterai Laptop Kamu Agar Tahan Lama
Melakukan perawatan menjadi kewajiban yang harus dilakukan agar baterai laptop tidak mudah rusak dan berumur panjang, karena laptop menjadi barang penting yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia modern. Saat ini kehidupan sangat bergantung dengan berbagai barang elektronik. Laptop adalah salah satu benda yang memiliki peran vital dalam menunjang aktivitas. Merawat baterai laptop adalah salah satu trik jitu untuk membuat benda tersebut tidak mudah rusak. Penggunaan laptop yang tanpa henti bisa membuat baterai mudah mengalami masalah.
 
Sebelum baterai laptop menjadi lemah karena disebabkan oleh kerusakan ada baiknya bila Anda merawat baterai laptop dengan baik dan benar.
 
Berikut urgent.id akan sharing beberapa cara yang bisa dicoba untuk menjaga keadaan baterai laptop agar tetap baik. Yuk simak!
 
Cara Merawat Baterai Laptop Agat Awet dan Tahan Lama
 
Setiap baterai tentunya memiliki kapasitas yang berbeda-beda, tergantung dari si pembuat laptop itu sendiri. Disini saya akan berbagi tips dan trik ke kamu mengenai masalah diatas.  Untuk lebih jelasnya langsung saja tanpa basa basi lagi simak baik-baik ya dibawah ini.
 
1. Cabut Charger Saat Daya Sudah Mencapai 100%
 
Jika daya baterai laptop kamu sudah 100% langsung saja cabut charger tersebut. Jika tidak segera anda cabut maka akan memperpendek jangka waktu umur baterai itu sendiri, Membuat arus listrik terus mengalir, sedangkan baterai telah terisi penuh dan membuat laptop juga tidak akan hidup lebih lama lagi.
 
2. Gunakan Charger yang Original
 
Pastikan baterai yang kamu gunakan masih original atau masih bawaan pabrik laptop tersebut. Jangan pernah coba-coba untuk menggunakan charger teman dengan alasan port chargernya sama. Bisa jadi dengan menggunakan charger yang lain membuat artus listrik tidak stabil dan bisa membuat baterai cepat rusak karena arus yang terlalu tinggi. Kamu bisa lihat pada setiap charger memiliki standar yang berbeda-beda.
 
3. Charging Laptop Dalam Keadaan Mati
 
Kamu harus tau, untuk mengisi daya pada laptop pastinya laptop harus dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan supaya daya baterai lebih cepat penuh, beda jika kamu mengisi daya baterai dengan keadaan laptop yang masih menyala dan digunakan terus terusan, maka pengisian baterai akan memakan waktu yang lama.
 
4. Charge Laptop Kamu Jangan Menunggu Hingga 0%
 
Saat kamu berniat untuk mengisi daya, dimohon jangan menunggu baterai sampai 0%. Kenapa? Karena alangkah baiknya kamu mulai charge/cas laptop kamu saat daya 20%. Hal ini dilakukan supaya baterai lebih awet dan tidak mudah terjadi kerusakan dikemudian hari.
 
5. Hapus Aplikasi yang Tidak Pernah Kamu Gunakan
 
Sebenarnya secara tidak sadar ada banyak aplikasi berjalan walaupun kita tidak pernah menjalankannya. Kamu bisa melihat hal itu, bisa di cek melalui Windows Task Manager. Pada bagian tersebut kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang selalu berjalan di belakang layar. Agar baterau laptop kamu lebih awet dan tidak membebani kinerja CPU, alangkah baiknya jika kamu mematikan atau menghapusnya sekalian aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan.
 
Nah demikian info tentang 5 cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama, Cara diatas juga saya lakukan untuk menjaga agar laptop yang saya gunakan selama 5 tahun baterainya tetap awet. Tapi ada beberapa kasus ketika baterai kamu sudah cukup parah, dimana kamu harus membeli baterai laptop yang harganya cukup mahal, atau alternatif lain nya dengan melakukan service ke ahlinya, yuk kunjungi URGENT.ID tempat service yang menyediakan konsultasi dan pengecekan gratis.
 
Sumber :
 
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 27 Oktober 17 - 14:08 WIB
Dalam Kategori : BATERAI LAPTOP, PERBAIKAN BATERAI LAPTOP, SERVICE BATERAI RUSAK
Dibaca sebanyak : 330 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback