Beny Saeful Bahri
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

5 TIPS MENGATASI SMARTPHONE BOOTLOOP ALIAS GAGAL MASUK SISTEM, YUK SIMAK!

5 TIPS MENGATASI SMARTPHONE BOOTLOOP ALIAS GAGAL MASUK SISTEM, YUK SIMAK!

Kebutuhan akan smartphone sudah menjadi suatu keharusan menemani aktivitas keseharian masyarakat milleneal saat ini, banyaknya pengguna smartphone terutama smartphone android yang dianggap lebih lengkap karena memiliki system OS opensource layaknya Linux kalua dalam OS computer. Hal ini tentu sangat membuka ruang bagi para developer untuk membuat aplikasi berbasis android. Namun kadang disisi kemudahan dan dengan harga yang terjangkau kadang sering banget terjadi masalah error pada sistem operasi android ini, salah satunya adalah bootloop.

Bootloop senidir adaah suatu masalah yang terjadi pada OS android dengan tanda-tanda tidak bisa masuk sempurna sehingga terjadi kegagalan pada proses booting, atau biasanya ditandai dengan kondisi booting berulang-ulang, hanya mentok pada bagian logo.

Penyebab terlalu banyak aplikasi terinstall. BAHAYA Jika terus dipaksa, memori internal (IC EMMC) bisa rusak.

Jenis Bootloop sendiri terdiri dari 2 macam, yaitu light bootloop atau juga disebut bootloop ringan, dalam arti kondisi nya kumat-kumatan, kadang lancer kadang mulai bootloop lagi. Kemudian hard bootloop atau sering juga disebut bootloop parah yang terjadi apabila kondisi booting terus berulang-ulang, sama sekali smartphone tidak bisa tampil ke menu atau screen layar utama.

Nah berikut URGENT.ID akan membagikan beberapa tips dan trik memperbaiki Smartphone Andro kamu yang sering botloop, erikut ulasannya :

1. Restart

Pertama hala yang paling sering dilakukan adalha restart ulang smartphone android kamu, caa ini hany berlaku ketika bootloop ringan atau light bootloop.

2. Flashing

Flash atau flashing adalah cara yang paling ampuh mengatasi androidmu bootloop. Flash sendiri hampir sama dengan menginstall ulang seluruh komponen soft/lunak android kamu dengan ROM baru. Tiap merek android mempunyai cara yang berbeda untuk di-flash, jadi kamu dapat mencarinya di Google atau Youtube untuk cara flash sesuai merek android.

3. Custoom Rom

Hampr mirip seperti flash, tapi perbedaanya dalam Custom ROM kamu akan menginstall sebuh rom yang sudah dikostum sebelumnya. Untuk caranya dapat dilihat di tutorial

4. Wipe data atau factory reset

Cara ini sangat mudah sekali, dengan merestart ulang dan mengembalikan ponsel pabrikan kamu maka sistem android yang bootloop ringan-sedang biasanya dapat diatasi.

5. Wipe Cache

Kemudian bisa dengan cara Wipe cache adalah salah satu cara mengatasi android yang bootloop, dengan menghapus seluruh cache yang ada di androidmu. Cara Wipe Cache sendiri hampir sama dengan Wipe Data.

Demikian ulasan singkat mengatasi masalah bootloop, apabila cara-cara diatas masih tidak bisa dilakukan sendiri, disaran kan alangkah lebih baiknya coba berkunjung ke tempat service yang menurut kamu bagus, bagi yang masih belum menemukan tempat servis keren dan berkualitas, coba aja kunjungi situs INI, salah satu tempat servis degan menggunakan layanan apikasi mobile, sehingga tidak perlu repot keluar rumah.

Sumber :

http://www.urgent.id/service/android/1-mentok-di-logo-bootloop.php

https://jalantikus.com/tips/cara-mengatasi-android-bootloop/

http://www.heyriad.com/2014/11/cara-mengatasi-bootloop-android.html

https://sinyaltech.com/wp-content/uploads/2016/02/cara-mengatasi-bootloop.jpg

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 08 November 17 - 13:49 WIB
Dalam Kategori : SMARTPHONE BOOTLOOP, TIPS SMARTPHONE, PERBAIKAN HP
Dibaca sebanyak : 169 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback